It's all about us..!!

Normalkah Payudaraku?

Beberapa hal dapat terjadi di payudara. Apakah normal atau tidak, hal itu perlu kajian lebih dalam. Berikut penjelasannya.

* Rambut di sekitar areola
Beberapa perempuan, ada yang memiliki rambut di sekitar area puting dan aerola payudara.

Ini bukanlah keadaan berbahaya. Namun, jika sangat mengganggu, maka atasi dengan bantuan seorang ahli kulit. Mencukur atau mencabut rambut tadi dapat menyebabkan infeksi pada area tersebut.

* Warna puting susu dan areola yang menjadi lebih gelap
Perubahan warna puting susu dan areola yang menjadi lebih gelap dapat mengindikasikan beberapa hal seperti kehamilan, efek pengunaan pil kontrasepsi, ataupun tanda kematangan fungsi seksual seorang perempuan.

* Puting susu yang menjorok ke dalam
Kondisi puting susu yang menjorok ke dalam dapat ditemukan 10-20 persen perempuan. Ini normal jika telah terjadi dalam kurun waktu yang lama. Akan tetapi, bila sebelumnya normal-normal saja, maka hal itu bisa jadi merupakan pertanda adanya pertumbuhan tidak normal di bawah puting susu.

* “Stretch marks” pada payudara
Stretch marks payudara dapat timbul akibat pertumbuhan fisik yang pesat, seperti pada masa pubertas atau kehamilan. Ini adalah hal yang normal, seperti halnya terjadi pada panggul dan betis.

* Ukuran payudara tak sama
Sampai saat ini belum terdapat penelitian atau data ukuran normal payudara. Yang jelas, ukuran payudara dipengaruhi oleh faktor seperti genetik, ras, aktivitas, atau lingkungan.

Sebagai catatan, sepasang payudara yang dimiliki bukanlah sesuatu yang 100 persen identik.

Ukuran payudara yang tidak sama besar dapat terjadi saat proses pertumbuhan dan perkembangan payudara. Umumnya, payudara akan tampak cukup sama atau simetris saat masa tersebut selesai.

Akan tetapi, pada beberapa kondisi, payudara dapat tampak berbeda dan hal ini adalah sesuatu yang lumrah. Apabila mengganggu, maka keadaan ini dapat diatasi melalui beberapa teknik bedah plastik.

* Ukuran payudara berubah
Perubahan ini dipengaruhi oleh hormonal, seperti menegang dan terasa nyeri beberapa hari menjelang haid.

Selain itu perubahan terjadi ketika terdapat kehamilan. Hal itu antara lain payudara membesar, lebih padat, ukuran puting susu bertambah dan berwarna lebih gelap, diikuti dengan produksi ASI setelah proses kelahiran.

Keadaan ini bertahan selama masa menyusui. Selain hormon, perubahan payudara juga dipengaruhi oleh berat badan seseorang karena salah satu penyusun payudara adalah jaringan lemak.

(Laili Damayanti/Tabloid Nova)

Comments on: "Normalkah Payudaraku?" (6)

  1. informatif bgt….

  2. Fuadagni said:

    Ukutan payudara saya normal,tapi kok gara-gara BH yang saya pakai kekencangan ,,, jadi membekas seperti saraf-saraf yang berwarna kemerahan,,, dan pada kehamilan saya jadi gatal ya……….apakah iru membahayakan bagi kesehata saya ya…….

    • sebelumnya saya minta maaf karena baru balas comment Anda.
      mengenai pertanyaan Anda seputar rasa gatal yg Anda alami pada sekitar payudara saat hamil merupakan hal yang normal. hal ini biasanya terjadi pada saat kehamilan trimester (triwulan) ketiga. Rasa gatal ini terjadi bervariasi, dari yang ringan hingga yang cukup berat. Rasa gatal tersebut biasanya disebabkan oleh PUPP (Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy), kulit kering maupun peregangan kulit akibat membesarnya rahim. Untuk mengatasi rasa gatal tersebut, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:
      1. Mandilah dengan menggunakan air dingin. Jangan menggunakan air panas karena justru akan memicu rasa gatal makin menjadi.
      2. Saat terasa gatal, jangan menggaruk kulit anda karena bisa menimbulkan iritasi. Cukup oleskan body lotion atau body butter.
      3. Gunakan sabun dengan kadar PH rendah.
      4. Pilihlah pakaian yang terbuat dari katun. Untuk BH, gunakanlah BH yg menyokong, namun tidak terlalu kencang.
      5. Jangan menggosok kulit saat menyeka badan usai mandi. Cukup ditepuk-tepuk saja.
      6. Jika rasa gatal tak kunjung reda dan sangat mengganggu Anda, segera hubungi tenaga kesehatan agar mendapat pengobatan yang tepat dan aman.

      Gejala PUPP biasanya akan menghilang dengan sendirinya usai melahirkan..

      semoga tips di atas bisa membantu..

  3. Fahrani said:

    Kenapa ya ketika saya terangsang puting saya membesar?apakah berbahaya?

    • Puting adalah area yang erotis, dalam arti sangat sensitif terhadap sentuhan, dan bisa dirangsang secara seksual. Bila pria atau wanita sedang terangsang, hal ini bisa dilihat antara lain dari putingnya yang menegak/membesar. Tetapi, puting yang tegak tidak selalu berarti Anda sedang terangsang. Perubahan suhu juga bisa menstimulasi area ini untuk berdiri, terutama jika udara sedang dingin.. jadi,, kesimpulannya,, puting yg membesar/tegak saat terangsang adalah hal yg wajar..😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: